Total Tayangan Laman

Selasa, 25 Desember 2012

Bahaya Menyalakan Laptop Tanpa Baterai

Oke bro di sini gw pengen jelasin bahaya ny menyalakan laptop tanpa memakai baterai .. biasa ny orang bilang , klo make batre ntr batre ny cepet rusak , memang itu benar tapi hanya membuat batre tersebut melendung seperti batre hp , tapi lebih bahaya lagi bila menyalakan laptop tanpa baterai .. ini efek2 bila menyalakan laptop tanpa baterai.

  1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai di copot dapat mepercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop , karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan
  2. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan sbatilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mepercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit)
  3. Kalau listrik tiba-tiba mati dan laptop anda juga ikut mati mendadak,dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah hardisk, ram , processor bisa rusak
  4. Sebelum mati listrikpun laptopmu sudah terancam,,, krn kalo listrik tempat kita colokin adapter ga sehat, maka listrik tsb bakal merusak hardware laptop secara langsung, jelas masih mending pasang batreii, krn paling buruk batrei yg ngedrop,,, ketimbang hardware lainnya yg mati...

Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak digunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa di lepas jika pemakaian lebih dari 12 jam nonstop, dengan socket listrik yang menempel. Kalo hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati tiba-tiba. Baterai yang terpasang juga melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrem, misalnya akibat ada petir yang menyambar


Kalo pake make AC power mendingan baterainya tetep dipasang, mending baterainya yang rusak daripada daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar